Rabu, 01 November 2017

Kusus KLX 150 yg ingin pindah habitat jadi Supermoto.Semua type klx mulai dari klx S...L...G ..dan BF.

Kombinasi ukuran roda dan velg yg sering di gunakan antara lain :

Kombinasi ringan
Kombinasi 1.
Velg ukuran 250-17 depan dan 300-17 belakang
Ban ukuran 100/70-17 depan dan 120/70-17 belakang.
Kombinasi 2.
Velg ukuran 300-17 depan dan 350-17 belakang
Ban tetap pake ukuran 100/70-17 dan 120/70-17

Kombinasi berat.
Kombinasi 1.
Velg ukuran 250-17 depan dan 300-17 belakang
Ban ukuran 110/70-17 depan dan 130/70 -17 belakang
Kombinasi 2.
Velg ukuran 300-17 depan dan 350-17 belakang
Ban ukuran 110/70-17 depan dan 130/70-17 belakang

Lalu dari ke empat kombinasi tersebut yg ideal ukuran berapa ?
Kombinasi ringan ke 2 yg menggunakan ukuran
Velg 300-17 depan dan 350-17 belakang
Ban  100/70-17 depan dan 120/70-17 belakang.
Lebar Roda akan terlihat seperti mengunakan ukuran ban kombinasi lebar 110 dan 130...karena lebar ban akan mengikuti velg....
Kelebihan ukuran kombinasi ringan ke 2 dia akan tetap aman dari gesekan dgn rante...berbanding terbalik dgn kombinasi berat ke 2 yg terlihat lebar namun riskan gesek rante di beberapa type dan merek ban.

Lalu jika ingin menggunakan ukuran roda yg lebih lebar dari 110 dan130 gimana...misal dgn kombinasi ban 120 dan 140 atau lebih...apakah gesek arm.  ?
Untuk roda depan..maksimal 110 lebih aman...walau handling terasa berat....namun untuk belakang yg jadi masalah bukan nya arm...tapi jarak rante dgn ban...
Untuk arm klx sih masih muat sampe ukuran 150...
Jadi solusi nya gimana ?
Jika menggunakan ukuran roda dgn lebar 140 keatas...biasa geser stelan jari jari nya aja rada kekanan sekitar 10mm..
Tar gak center dong antara roda depan dan belakang ?
Ya....tapi gak terlalu terasa jika menggunakan ban lebar....aman gak bikin sakit pinggang...
Kalo pake spacer gimana...?
Pake spacer hanya akan membuat posisi gear depan dan belakang gak sejajar...gear dan rante bakal cepet habis...rante rawan putus dan lepas...
Ada kah solusi lain...?
Ada...
Jika gear belakang sudah menggunakan spacer..buat gear depan bisa dgn mengganti as gear depan yg lebih panjang...di pasaran sudah ada produk TK racing... as gear klx yg lebih panjang dan konon lebih kuat...kisaran harga sekitar 375rb...kalo ori klx kan standar sekitar 180rban....
Ah ribet....mendingan pake gear gendong...!
Dari pengalaman sih..gear gendong bikin as gear  mudah patah.....kalo gak percaya...ya coba aja.....



4 komentar:

  1. Boss,saya dari Malaysia mau bertanya jika plastic body all complete coverset,spakbor depan dan belakang,seat sama tank KLX140G bisa dipasang ke KLX150?

    BalasHapus
  2. Kira2 butuh gojek berapa bos kalau mau ganti ke sumo?

    BalasHapus
  3. Bos saya butuh BOS Starter KLX dmna ya

    BalasHapus