Minggu, 07 Januari 2018

Menetukan venturi ideal klx 150/D tracker

Kalo bisa minum pake gelas.... kenapa harus minum pake ember....
Jadi kita mesti menghitung diameter ideal Venturi Karburator klx150.....

Rumus.
Diameter venturi = K x (√ volume cylinder x √ Rpm Max )

K = konstanta atau ketetapan...nilai nya 0,6 sampai 0,9....buat motor standar biasanya 0,65...kalo buat balap boleh lebih....
Rpm max mesin standar biasanya sekitar 8500rpm
√= akar

Jadi mesin standar klx yg 144cc ( 0,144L ) venturi ideal nya
Diameter venturi = 0,65 x (√0,144 x √8.500)
                              = 0,65 x 34,98
                              = 22,74
Di bulatkan jadi 23mm(karbu 22mm yg di reamer 1mm)....atau tetap pake 22mm...bisa juga pake 24mm

Kalo pake cdi racing yg bisa berputar hingga 10rb rpm....
Diameter venturi = 0,65 x (√0,144 x √10.000)
                              = 0,65 x 37,94
                              = 24,66
Di bulatkan jadi 25mm(karbu 24 di reamer 1mm) atau bisa tetap  pake 24mm bisa juga 26mm

Contoh umum mesin klx yg dah bore up 63mm jadi sekitar 169cc...karbu ideal nya...
Diameter venturi = 0,65 x (√0,169 x √8.500)
                              = 0,65 x 37.90
                              = 24,63
Di bulatkan 25mm.(karbu 24 yg di reamer 1mm) atau bisa tetap pake karbu 24...bisa juga 26
Kalo pake cdi racing bisa bikin mesin berputar sampe 10.000rpm.
Diameter venturi = 0,65 x (√0,169 x √10.000)
                              = 0,65 x 41,1
                              = 26,72
Di bulatkan jadi 27mm (karbu 26 yg di reamer 1mm) boleh tetap pake 26..boleh juga pake 28mm
Untuk kapasitas yg lain silahkan hitung sendiri...dan untuk mesin balap resmi biasanya hasil nya bakal beda lagi karena konstanta nya sudah tidak pake 0,65...di sesuaikan dgn regulasi...maka jangan heran kalo ada mesin balap yang pake karbu venturi diatas 30mm

Dan Ini hanya perhitungam dasar....buat patokan...boleh lebih dikit...boleh kurang dikit....
Gak usah terlalu di ributkan....

Begitulah kura-kura..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar