Menghitung volume ruang bakar standar klx dan perbandingan/ rasio kompresi setelah bore up...
Data pabrik..
Bore 58mm
Stroke 54,4mm
Perbandingan kompresi 9,5:1
V Cylinder =3,14 x(bore x bore)x stroke : 4
= 3,14 x(5,8x5,8) x 5,44 : 4
= 3,14 x 33,64 x 5,44 : 4
= 143,65 cc
Di buletin jadi 144cc
Karena perbandingan kompresi nya udah ada...jadi kita coba hitung volume ruang bakar standar....karena piston standar datar...jadi dome piston gak perlu di hitung...dan mengabaikan tebal paking
Rumus:
V Ruang bakar = kapasitas cylinder : ( rasio kompresi -1 )
V. Ruang bakar = 144 : (9,5 -1)
= 144 : 8,5
= 16,94 cc
Jadi volume ruang bakar klx standar sekitar 16,94 cc
Lalu...berapa perbandingan kompresi setelah bore up dengan kubah head standar...
Mari kita hitung...
dgn rumus Vc= μ x ( bore x bore ) x stroke : 4
Rumus perbandingan kompresi
Rasio kompresi = ( volume ruang bakar + volume cylinder ) : volume ruang bakar
kita mulai dari bore up ukuran 60mm
V cylinder = 3,14 ( 6,0 x 6,0) x 5,44 : 4
= 3,14 x 36,0 x 5,44 : 4
= 153,73 cc
Perbandingan kompresi bore up 60
R kompresi = ( 153,73 + 16,94 ): 16,94
= 10,07
Jadi rasio kompresi bore up 60 adalah 10,7:1
Kalo bore up 61.
Vc = 3,14 ( 6,1 x 6,1) x 5,44 : 4
= 3,14 x 37,21 x 5,44 : 4
= 158,90 cc
Rasio kompresi nya
Rk = (158,90 + 16,94) : 16,94
= 10,38
Jadi rasio kompresi bore up 61 head standar sekitar 10,38 : 1
Bore up 62 hitung sendiri...
Kita lanjut hitung bore up yg ada di pasaran...63...66 dan 70
Bore up 63
Vc = 3,14 x ( 6,3 x 6,3 ) x 5,44 : 4
= 3,14 x 39,69 x 5,44 : 4
= 169,49 cc
Rasio kompresi nya..
Rk = ( 169,49 + 16,94) : 16,94
= 11,00
Jadi rasio kompresi bore up 63 adalah 11:1
Bore up 66
Vc = 3,14 x ( 6,6 x 6,6) x 5,44 : 4
= 3,14 x 43,56 x 5,44 :4
= 186,01 cc
Rasio kompresi nya
Rk = (186,01 + 16,94 ) : 16,94
= 11,98
Jadi rasio kompresi bore up 66 adalah 11,98 :1
Terakhir yg mau nekat pake piston 70
Vc = 3,14 x ( 7. 0. X 7,0 ) x 5,44 : 4
= 3,14 x 49,0 x 5,44 :4
= 209,24 cc
Rasio kompresi bore up 70
Rk = ( 209,24 + 16,94) : 16,94
= 13,35
Jadi rasio kompresi bore up 70 head standar adalah 13,35 :1
Semakin tinggi rasio kompresi..di sarankan memakai bbm dgn angka oktan yg lbh tinggi juga...
Jika tidak...mesin akan mengalami detonasi/knocking/ngelitik akibat pembakaran yg terlalu awal....
jika bore up sudah 60mm keatas...baik nya atur ulang kubah ruang bakar nya hingga rasio kompresi tetap di bawah 10:1... masih aman pake pertamax...
Tapi kalo masih mempertahankan kompresi tinggi...bisa di akalin dgn cara memajukan timing pengapian agar meminimalisir terjadi nya knocking yg dapat membuat umur dan daya tahan mesin menurun......
Sekian...selamat berhitung....
Cara nurun kompresi gmn om? Saya pake piston 63,5.
BalasHapusKlo di hitung kompresinya 11,16 : 1
Kubah udah dibesarin,klep standar. Nokken As kawahara, CDI BRT.
Klo kick starter gak kuat nendangnya,tp klo electric starter bunyi jedak jeduk di blok magnet (oneway pake CB150R komplit rumah n isi)
Piston 65 klep noken stantar porting sedikit kompresi 11,7 cdi standar susah hidup
BalasHapussalah top itu
HapusPiston 63 klep standar noken costom CDI BRT hijau kompresi nya belum ketemu dikick starter mbalik,Doble starter ga kuat
BalasHapus