Total Tayangan Halaman

Selasa, 20 Desember 2016

seputar dinamo starter KLX150 dan dt 150

    Dalam jangka waktu tertentu, dinamo starter klx akan mengalami kerusakan...
masalah yang umum biasanya kul starter atau karbon brush nya habis, gejala nya ketika tombol starter di tekan, dinamo sterter tidak mau berputar. hanya bunyi cetak cetek dari bawah jok, ini bisa di atasi dengan cara mengganti nya. harga kul starter original nya sekitar 35 ribuan, atu bisa menggunakan kul starter honda supra 125 atau karisma harga nya sekitar 15ribuan.

Namun bila bagian angker stater nya yang rusak, bisa mengganti nya dengan punya honda karisama, merek MPM sekitar 40 sampe 60ribuan. Rusaknya angker starter biasanya akibat komutator nya yang menipis,atau terbakar akibat di paksa perputar ketika one way macet atau bore up dengan kompresi tinggi.

Atasi sendiri rumah kopling klx yg oblak

Jika dari sebelah kanan blok mesin anda berbunyi...berdengung ketika di pakai jalan..atau rada dikit nyentak seperti rantai kendor...itu tandanya paku keling rumah kopling nya dah oblak...
Cara termudah...biasa nya di pantek ulang di bengkel bubut...ganti paku keling dan per damper nya...jasa nya sekitar 60rb samle 80rb dah berikut per damper nya...
Tapi kalo anda mau sedikit kotor...bisa ganti sendiri paku keling nya...dgn menggunakan paku 12cm yg bisa di beli di toko bahan bangunan...dan per damper kaze atau per damper smash buat ganti per damper nya...



Senin, 07 November 2016

Mengganti Karburator standar KLX150

Mengganti karbu standar sudah menjadi bagian yg umum bagi sebagian pemilik kendaraan bermotor, kusus nya pemilik kendaraan klx, dengan maksud untuk menambah performa atau sedikit meningkatkan ekselarasi,
Maklum, buat ukuran motor trail, klx nih rada unik, dia pake karbu vacum yg terkenal kurang responsif dalam urusan ekselarasi.
Dengan karburator keihin ncv24 ,  venturi 24mm dan ukuran pilot jet 38 main jet 112, klx 150 sebenar nya sudah mampu buat di ajak adventure ringan, namun bagi sebgian pemilik, spek seperti ini kurang mampu diajak ke medan yang rada sedikit berat atau ekstrim.
Maka mengganti karburator standar dengan karburator dari motor lain adalah hal yg wajib.
Ada beberapa type karburator yang menjadi pilihan utama bagi pemilik klx standar atau pun modif.
Type karburator tersebut diantara nya yg paling banyak di gunakan : 

1. Keihin pwl26 punya ninja R
2. Keihin PE28 punya NSR sp
3. Keihin PWK 28 punya KX85
4. Mikuni VM26 punya rx king
5. Mikuni VM28 punya ninja RR
6. Keihin PWL28 punya Servico

Nah, biasanya karburator tersebut masih menggunakan spuyer bawaan karbu, untuk bisa di gunakan di klx150 butuh beberapa penyesuaian, diantaranya penyesuaian di pilot jet, main jet, dan ada juga yang mesti mengganti jarum skep nya agar campuran bahan bakar nya ideal untuk gunakan. Cara seting ganti karbu sudah pernah di bahas di postingan terdahulu. Termasuk cara diagnosis nya.
Sekarang kita di bahas ukuran ideal yg biasa di gunakan saja, biar gak repot buat sebagian pemula.

1. Pwl26.
Ukuran yang di gunakan buat mesin standar biasa menggunakan pilot jet 38 main jet 98 , klip jarum skep di nomor 3. untuk menghilangkan ngempos di putaran tengah bisa menggunakan jarum skep gl pro
Untuk mesin bore up hingga 63mm biasa menggunakan pj 40 mj 105 atau 108 ,putaran angin antara 1,5 hingga 2 putaran, tapi biasa di 1 3/4 putaran.
 
2. PE28
Biasa menggunakan pilot jet 40 main jet 112 buat mesin standar atau pun bore up dengan jarum skep di nomor 3 atau 4
Stelan angin antara 1,5 hingga 2,5 putaran
 
3. Pwk 28
Biasa menggunakan pilot jet 38 atau 40 , di beberapa daerah hingga ukuran 42,  main jet biasa pake 110 atau 112 .
Untuk jarum skep jika di gunakan untuk klx bisa di ganti dengan type JJH, atau bisa juga menggunakan jarum skep ninja R atau GL pro. Ini untuk mengurangi efek brebet akibat bensin berlebih di putaran tengah.
 
4. VM26
Buat mesin standar Biasa pake pj 17,5 mj 130 atau 140, menggunakan jarum skep yamaha F1 atau jarum skep Gl.pro yg di sesuaikan panjang nya dengan panjang original vm26 yang potong ujung nya.
 
5. Vm28
Buat mesin standar, setingan nya gak jauh beda dengan vm 26. Menggunakan pj 17,5 atau 20 .mj 130 atau 140.
 
6. Pwl28
Buat mesin standar setingan nya tidak jauh berbeda dengan setingan pwl26, hanya main jet nya aja yang naik 1 step.
Biasa pake pj 40 mj 108 atau 110
 
Untuk maksimal nya, jika sudah menggunakan knalpot racing ukuran pipa 28mm keatas, selang filter udara di ganti dengan diameter yang rada besar. Bisa menggunakan karet boots shock depan klx, atau karet filter vespa.
Lebih maksimal lagi jika busa filter udara nya ikut di ganti dengan yang aftermarket.

Motor trail haram lepas busa filter udara, bikin karbu cepet kotor dan klep cepet aus.
Harap di ingat, beda wilayah, beda cuaca beda juga setingan udara nya, juga ukuran spuyer nya.
Turunkan 1 step bila udara dingin dan lembab dan naikan 1 step bila udara panas.
untuk analisa masalah dan tatacara setingan karburator, sudah pernah di jelaskan di postingan terdahulu.

Sabtu, 05 November 2016

Velg Takasago dan TK adalah 2 merek yg berbeda

Biar gak salah kaprah....
Velg Takasago dan velg TK adalah 2 merek yg berbeda.....
Tapi banyak yg menyebutkan velg TK Takasago excel....padahal itu salah...
Takasago excel Rim adalah produsen velg asal jepang...pabrik nya di asia cuma 2...di jepang dan malaysia..
Sedangkan TK adalah perusahan  velg asal  indonesia...TK  sendiri adalah singkatan dari Tirta Kencana..
Velg Takasago yg beredar di indonesia ada 2 jenis...Takasago excel rim yg di buat di jepang....dan Takasago excel asia yg di buat di malaysia...
Distributor tunggal nya PT. TRIVERA JAYA di jln. Pegangsaan 2 klp. Gading Jakarta Utara
Sedangkan velg TK semuanya di buat di pabrik yg terletak di china..dgn distributor tunggal nya Polaris 99 ...walau ada embel -embel japan....tetep di buat di China....
Yang menurut produsen nya...kata Japan pada Velg TK Japan...arti nya Velg TK yg kualitas nya setara pabrikan jepang..
Nah...walau velg TK ada yg type Excel...tetep aja berbeda dgn Takasago Excel.....beda merek..beda pabrik...dan tentu aja beda produsen....
Jadi mulai sekarang..jangan salah sebut...Velg TK ya TK...dari PT. Tirta Kencana...
bukan Velg Takasago excel buatan Jepang..atau Takasago asia buatan malaysia...

Cara melepas rumah kunci kontak klx/dt150

Rumah kunci kontak klx/dt  rada unik. Tidak lagi menggunakan kepala baut jenis hex/ persegi atau L biasa juga bintang, tapi menggunakan model kepala baut bulat tanpa kunci.
Nah melepas nya bisa dengan cara di ketrik dgn pahat lancip atau obeng ketok secara perlahan ke arah kiri.
Atau jika anda punya bor itu cara tercepat.
Kepala baut kelingnya di bor dengan menggunakan mata bor 5 mm atau 6mm , tapi hanya kepala nya aja yg di bor, jangan sampe tembus, yg penting rumah kunci kontak nya bisa lepas nanti sisa baut nya tinggal di putar pake tang jepit.

Tutorial mengganti seal as gear depan klx/dt 150

Dalam jangka waktu tertentu...seal gear depan klx/dt akan mengalami penurunan kinerja...karet seal nya mengeras atau aus...akibat nya oli keluar dari sela seal...oli mesin otomatis berkurang....
Nah solusi cerdas ya di ganti...harga seal nya murah...paling mah 15rban..bisa pake seal kaze atau blitz R...harga nya sama....patut di ingat juga...selain seal...turut di ganti juga O ring buat bosh as gear depan...harga nya 2rban...
Sskalian cek juga...bosh as gear nya...kalo dah aus juga bagus nya ikut di ganti...harga nya paling mahal 25rb...

Tutorial membersihkan Unitrack klx /dt

Unitrack klx150 dan D tracker..standarnya butuh pelumasan ulang setiap 2 bulan sekali jika rutin di pake harian dan adventure....
Jika tidak di lumasi ulang maka kinerja shock belakang akan kurang maksimal, malah cenderung tidak berfungsi, terasa mati atau keras, kadang di iringi bunyi berdecit ketika melibas trek bergelobang atau tidak  rata....
Alat yang di butuhkan sederhana.
hanya butuh kunci 14 dan 17 untuk buka unitrack.
palu dan baut panjang buat keluarin colar nya.
ampelas atau sikat kawat dan bensin untuk membersihkan karat nya.
oli atau gemuk/ grease untuk pelumas.
Jack stand atau ganjel motor...

Tutorial ganti seal Usd klx BF / dt150

Standar oli dt lama 315ml per shock.
Standar oli new DT atau klx BF 350ml per shock...
Seal usd klx bf..dt lama atau baru sama dalam bentuk dan ukuran..tapi dgn harga yg berbeda...Dt lama harga seal nya lbh murah dari dt baru atau klx BF...

Jumat, 04 November 2016

Menghitung volume ruang bakar dan kompresi hasil bore up

Menghitung volume ruang bakar standar klx dan perbandingan/ rasio kompresi setelah bore up...
Data pabrik..
Bore     58mm
Stroke  54,4mm
Perbandingan kompresi 9,5:1

V Cylinder =3,14 x(bore x bore)x stroke : 4
                   = 3,14 x(5,8x5,8) x 5,44 : 4
                   = 3,14 x 33,64 x 5,44 : 4
                   = 143,65 cc
Di buletin jadi 144cc
Karena perbandingan kompresi nya udah ada...jadi kita coba hitung volume ruang bakar standar....karena piston standar datar...jadi dome piston gak perlu di hitung...dan mengabaikan tebal paking

Rumus:
V Ruang bakar = kapasitas cylinder : ( rasio kompresi -1 )
V. Ruang bakar = 144 : (9,5 -1)
                             = 144 : 8,5
                             = 16,94 cc
Jadi  volume ruang bakar klx standar sekitar 16,94 cc

Lalu...berapa perbandingan kompresi setelah  bore up dengan kubah head standar...
Mari kita hitung...
dgn rumus Vc= μ x ( bore x bore ) x stroke : 4
Rumus perbandingan kompresi
Rasio kompresi = ( volume ruang bakar + volume cylinder ) : volume ruang bakar

kita mulai dari bore up ukuran 60mm
V cylinder = 3,14 ( 6,0 x 6,0) x 5,44 : 4
                   = 3,14 x 36,0 x 5,44 : 4
                   = 153,73 cc
Perbandingan kompresi bore up 60
R kompresi = ( 153,73 + 16,94 ): 16,94
                      = 10,07
Jadi rasio kompresi bore up 60 adalah 10,7:1

Kalo bore up 61.
Vc = 3,14 ( 6,1 x 6,1) x 5,44 : 4
      = 3,14 x 37,21 x 5,44 : 4
      = 158,90 cc
Rasio kompresi nya
Rk = (158,90 + 16,94) : 16,94
       = 10,38
Jadi rasio kompresi bore up 61 head standar sekitar 10,38 : 1

Bore up 62 hitung sendiri...

Kita lanjut hitung bore up yg ada di pasaran...63...66 dan 70

Bore up 63
Vc = 3,14 x ( 6,3 x 6,3 ) x 5,44 : 4
      = 3,14 x 39,69 x 5,44 : 4
      = 169,49 cc
Rasio kompresi nya..
Rk = ( 169,49 + 16,94) : 16,94
      = 11,00
Jadi rasio kompresi bore up 63 adalah 11:1

Bore up 66
Vc = 3,14 x ( 6,6 x 6,6) x 5,44 : 4
      = 3,14 x 43,56 x 5,44 :4
      = 186,01 cc
Rasio kompresi nya
Rk = (186,01 + 16,94 ) : 16,94
      = 11,98
Jadi rasio kompresi bore up 66 adalah 11,98 :1

Terakhir yg mau nekat pake piston 70
Vc = 3,14 x ( 7. 0. X 7,0 ) x 5,44 : 4
      = 3,14 x 49,0 x 5,44 :4
      = 209,24 cc
Rasio kompresi bore up 70
Rk = ( 209,24 + 16,94) : 16,94
      = 13,35
Jadi rasio kompresi bore up 70 head standar adalah 13,35 :1

Semakin tinggi rasio kompresi..di sarankan memakai bbm dgn angka oktan yg lbh tinggi juga...
Jika tidak...mesin akan mengalami detonasi/knocking/ngelitik akibat pembakaran yg terlalu awal....
jika bore up sudah 60mm keatas...baik nya atur ulang kubah ruang bakar nya hingga rasio kompresi tetap di bawah 10:1... masih aman pake pertamax...
Tapi kalo masih mempertahankan kompresi tinggi...bisa di akalin dgn cara memajukan timing pengapian agar meminimalisir terjadi nya knocking yg dapat membuat umur dan daya tahan mesin menurun......

Sekian...selamat berhitung....

Seputar kampas kopling klx/ d tracker dan tutorial cara mengganti nya

Kampas kopling klx bagus nya tetep pake ori klx...lbh tebal...dan bahan nya lebih empuk...jadi lebih gigit....harga nya 1 set sekitar 400rban....

Alternatif yg lain bisa pake punya  kawasaki yg lain...bisa pake kx85 atau zx130..harganya sekitar 190rban...bahan nya berbeda dgn klx..sedikit lebih keras...juga lebih tipis dikit...
Kampas Dari keluarga yamaha ...bisa pake punya jupi mx lama...bahan nya mirip punya klx...tapi lebih keras dikit.  Harga nya mirip kampas kx85... 150rb an...

Alternatif murah ..ya pake kampas honda...bisa pake punya tiger..grand..gl pro atau gl 100...harganya 68rb sampe 100rban....
Nah...untuk kebutuhan adventure...biasanya kampas kecil klx nya gak usah dipake..judder spring nya juga gak usah dipake...ganti pake kampas besar.  Jadi nanti kelima kampas nya besar semua...karena...kampas klx mirip punya honda tiger..1 kecil...4 besar. 
Nah...kalo judder spring nya di lepas...motor rada nyentak aja dikit kalo pas pindah gigi atau lepas handel kopling...
Karena fungsi judder spring nya buat soft start...
Judder spring itu bentuk nya seperti ring...ada 2 biji...posisi nya ada bersama kampas kopling yg kecil....

Substitusi pick up pulser klx

Pick up pulser klx bisa menggunaka pick up pulser honda astrea Grand atau supra 100

Peninggi tele klx

Tutorial Pasang peninggi tele klx dengan menggunakan pin piston RX king dan baut L6 panjang 7cm...

Ingat...peninggi tele klx aman nya 5 cm aja cukup...agar as shock dan tabung nya masih ada jarak titik tumpu...

Ganjel shock belakang

Tutorial Biar klx rada tinggi dikit. 

Kamis, 03 November 2016

Cara Amatir ketika ganti Karbu

Kalo motor susah atau gak mau hidup...biasanya pilot nya kekecilan..
Kalo motor mau hidup tapi gak bisa langsam berarti  pilot jet kegedean...

Mesin hidup normal..langsam atau stasioner nya bagus...tapi seperti kosong dan langsung mati ketika gas mulai di tarik...berarti main jet kekecilan..
Tapi kalo di gas motor brebet dan tersendat  tapi  mesin gak mati berarti main jet kegedean...

Mesin hidup normal..langsam/stasioner nya bagus putaran atas nya bagus...tapi sedikit nge lag rada kosong ketika tarik gas..biasanya stelan klip jarum skep nya minta naik...sebalik nya kalo nge lag rada brebet klip jarum skep minta turun...

Beda tempat...beda cuaca..beda juga stelan angin nya....
Buat udara lembab dan dataran tinggi stelan angin di buat rada kedalam...kalo udara kering dan dataran  rendah..setalan angin di buat rada keluar...

Istilah..
Brebet adalah ketika campuran bahan bakar lebih banyak dari udara...biasa nya karena spuyer kegedean
Ngempos adalah ketika campuran udara lebih banyak dari bahan bakar...biasanya spuyer nya kekecilan...atau bisa juga aliran udara yg masuk atau keluar dari dan ke ruang bakar kurang lancar...bisa akibat filter yg mampet...karer filter kurang besar..atau bisa juga akibat konstruksi knalpot yg kelewat besar header nya....

Sekian dan terima kasih...
Salam olah raga...

Tools kit wajib buat adventure

Keran Mode On...

Modifikasi unitrack klx

Buat yg suka ngoprek aja....
Kusus klx S ..L..old DT atau New DT...kalo klx BF sebagian lubang besar nya sudah menggunakan bearing....

Bahan nya...
4x bearing 2016 atau 2020 di luaran sana harganya 15 sampe 35rb tergantung merek.
1x bearing ori yg kecil..BM2212 atau HK1612 atau HK 1616..harga ori 2212 sekitar 65rb....tapi bisa pake 1612 harganya lebih murah sekitar 15 sampe 35rb

Bumbu lain yg perlu di siapkan..
4 x seal unitrack yg besar.
2x seal unitrack yg kecil
2x Colar sleeve ori...tapi kalo yg lama masih bagus bisa tetep dipake
1 x colar sleeve ori..tapi kalo yg lama masih bagus juga bisa tetep di pake
Jasa bubut buat 4 lubang 50 sampe 100rb..
Alat nya bongkar pasang nya...
Kunci sok/ kunci pas 17 dan 14
Palu..
Pahat atau besi panjang...bisa juga pake kepala gaut yg gak di pake...
Grease atau pelumas..
Kopi...
Gorengan...
Jangan lupa ber doa...

Sebelum pasang bearing bambu nya...biar masuk ke unitrack nya...mesti di bubut dulu...sesuai dgn diameter luar bearing 2020 atau 2016.
Ongkos bubut nya bervariasi...antara 65rb..sampe 140rb rupiah....

Boleh di bubut buat 4 bearing.....




Boleh juga buat 6 bearing



Lubang bearing kecil yang terhubung ke shock belakang gak usah di utak atik....karena standar nya sudah menggunakan bearing....sedang kan lubang yg besar masih menggunakan bushing teflon....


Rabu, 22 Juni 2016

Modifikasi unitrack

Untuk memaksimalkan kinerja shock belakang klx 150...
Yg standar nya mengunakan bushing....di ganti dengan menggunakan bearing kode 2016...