Total Tayangan Halaman

Minggu, 11 Februari 2018

Mikuni VM26 di klx150 dan D tracker

Mikuni VM26


Karbu standar yamaha RX king...
Sesuai perhitungan....cocok di pake buat klx mesin standar dan bore up di bawah 63mm...gak terlalu besar ..mencegah bensin terbuang percuma.....
Karbu ini cocok buat yg suka stop n go....responsif putaran bawah nya....

Mudah seting...harganya pun terjangkau....versi original nya sekitar 800rban ori yamaha....versi copy atau KW nya...yang bagus sekitar 250rb 350rban....jangan yg di bawah 200rban...bahan nya kasar dan lubang nya kurang presisi....
Untuk harga ori bekas nya sekitar 300 sampe 450rban tergantung kondisi....

Untuk ukuran pilot jet bawaan karbh nya 25 buat old king...dan 22,5 buat new king...main jet nya 145 buat old king dan 145 buat new king.....

Tapi untuk bisa di gunakan di klx ....mesti di sesuaikan pilot atau main jet nya ..di beberapa kondisi...mesti di sesuaikan juga jarum skep nya....jadi biar optimal...jangan asal tancep....

Nah...buat mesin standar yg ganti knalpot dgn pipa header di bawah 28mm atau knalpot standar yg di bobok...biasa pake pilot jet ukuran 17,5 dan main jet 130 atau 135.

Buat yg udah bore up di bawah 63mm header knalpot 28 mm atau di bawah itu.....boleh pake pj 17,5 atau naik 20 sesuai dgn kondisi...sedangkan main jet nya 135 atau 140..

Kusus buat harian yg merasa putaran tengah nya rada brebet seperti kelebihan bensin...boleh mengganti jarum skep nya pake yang rada gemuk...biasa pake jarum skep yamaha f1z...atau bisa pake jarum skep gl pro..yg di potong ujung nya..dan panjang nya di sesuaikan.....



Kelemahan karbu ini kadang suka ada efek nyangkut ketika basah ...hujan atau cuaca dingin.....penyebab nya adalah karena bahan...masih menggunakan premium atau pertalite yg terkenal masih banyak campuran metanol nya....sehingga membeku ketika dingin...menggangu kinerja lubang karbu.....
Solusi nya gimana..?....
ya gampang....pake pertamax atau pertamax turbo....ingat...hobby kita mahal....malu lah....pake bahan bakar subsidi....knalpot jutaan aja mampu beli....



Minggu, 07 Januari 2018

Arm klx140G di klx150 dan D tracker

Walau arm klx 140G dan arm klx BF itu beda panjang.....tapi jarak lubang As arm dan As Roda nya sama....
Itu hanya karena perbedaan bentuk stelan as roda nya saja....jadi di pake nya ya sama...

Ada yg bilang enak pake arm klx 140 karena pendek....jadi lebih lincah....padahal kan sama ..panjang kebelakang setelah stelan rante gak di hitung....mau sepanjang jalan kenangan pun gak pengaruh....yg pengaruh tuh jarak antara as arm dgn as roda...
semakin kebelakang(panjang)...semakin enak buat nanjak...gak gampang sliding  dan lebih stabil...
Tapi semakin kedepan( pendek) ..semakin lincah..sedikit liar.... tapi enak buat GTX dan enduro...

Catatan.
Arm klx s itu sama panjang dgn arm old DT...beda warna dan dt lama gak ada chain guard nya....
Arm klx L...klx G..klx BF dan New DT itu sama panjang....beda warna aja dgn New dt dgn warna hitam...kalo klx rata-rata silver....



KSAI(Kawasaki Secondary Air Injecktion

Di motor Yamaha nama nya AIS (Air Induction System)
Di motor Honda nama nya SASS ( Secondary Air Supplay System )
Di motor Suzuki nama nya PAIR (Pulse Air Intake Reed )
Kalo di kawasaki namanya KSAI (Kawasaki Secondary Air Injection )

Keempat nya mempunyai fungsi yang sama...yaity meng ijeksikan udara/oksigen segar yang berasal dari box filter ke saluran pembuangan ..berguna untuk memecah karbon sisa hasil pembakaran agar lebih rendah emisi...ingat yah...rendah emisi...bukan menghilangkan polusi...karena biar bagaimana pun..emisi sisa gas buang tetep ada...walau sedikit.....

Nah..kusus di klx 150...pompa KSAI nya ada di bawah tangki...sebelah cdi...yang bekerja berdasarkan kevacuman intake....selang nya ada 3....Yang 1 selang kecil...terhubung dari pompa ksai ke intake karbu...yg 2 besar....1 masuk ke Box filter...1 lagi langsung ke pipa yang ada di cylinder head...ini kusus buat klx type S dan old DT...
Sedangkan klx type L ..G...BF dan new DT...selang nya langsung masuk ke pipa knalpot......

Lalu..kalo kita ganti knalpot racing gimana...kan rata-rata gak ada saluran buat KSAI nya....?
Gampang nya gak usah di pasang lagi selang nya....lepas aja...gak usah di fungsi kan....
Kusus buat klx S dan Old DT.  Selang tersebut mesti di sumbat....agar saluran pembuangan tidak ada kebocoran.....karena...di klx S atau old DT...jika saluran buang ada kebocoran...knalpot bakal nembak-nembak.....
Tapi untuk klx type L..G...BF dan new DT gak perlu di sumbat....cukup di lepas aja....mau di sumbat pun gak masalah...karena udah gak ngaruh....

Atau kalo mau unit Pompa KSAI nya di lepas....bisa aja....tapi mesti sumbat lubang yang ada di manifol...agar bahan bakar gak bocor...


Seputar Jari-jari klx150/d tracker

Seputar jari-jari dan Velg KLX /D tracker....

Untuk ukuran dan bentuk jari jari klx itu beda dengan motor umum...
Jadi kalo beli jari jari....cukup sebutin aja buat velg ring berapa..16-19....17-17....atau 18-21....gak usah sebutin ukuran jari jari nya...biar gak di kasih jari jari motor bebek sama penjual yg awam...

Tapi banyak yg merasa ukuran jari jari nya ada yg terlalu panjang....padahal dah pake jari jari original....
Nah...sebenarnya...panjang jari -jari ori atau variasi sama aja...paling beda dikit doang. Sekitar 2 atau 3 drat tiap ukuran...Jika pake velg dan jari jari original kawasaki gak akan terjadi masalah jari-jari kepanjangan...atau kependekan...
Kasus Jari-jari yang kepanjangan ketika di pasang...itu  terjadi buat yang pake jari jari original buat velg variasi....atau velg original pake jari jari variasi....

Lalu..kenapa ketika di pasang ada yg lebih menonjol keluar alias kepanjangan....?
Nah ittu di sebabkan karena bentuk shape tiap merek velg beda tinggi nya...ada yg lebar.  Melengkung.  Atau cekung.  Juga beda bentuk lubang nepel jari-jari nya....

Kalo terlanjur pasang gimana....?
Ya gampang...tinggal di gerinda aja dikit....

Gak takut kena ban dalem tuh ...kan tajem bekas gerinda nya....?
Oneng ah....kan velg ada selendang karet nya....knp takut....lagian...kalo nge gerinda nya rapih juga gak masalah....

Lalu...apa yg di maksud dengan hole 28/ 28H atau hole 36/ 36H...?
Ah..itu cuma jumlah lubang yg ada di velg atau tromol nya aja ...bukan ukuran lubang.....
Jadi kalo velg/tromol 28H berarti jumlah lubang jari-jari pada tromol atau velg jumlah nya 28 ..jari-jari nya juga 28 batang....begitu pun yang 36....

Kusus klx S atau G  yg pake ukuran roda 16-19 menggunakan velg dan tromol 28 lubang/ 28H..old dt pun yg pake roda 14-14 juga menggunakan velg dan tromol 28H..
Sedangkan klx L atau klx BF yg menggunakan roda 18-21 menggunakan velg dan tromol 36 lubang /36H..termasuk New DT yg pake roda 17-17  menggunakan velg dan tromol 36 lubang /36H...

Bisa kah velg 28H di pasang dgn tromol 36 H...?
Ya bisa aja...sebalik nya velg 36H juga bisa di pasang di tromol 28H...paling nanti ada lubang yg kosong....pada velg atau tromol....
Apa perlu di bor buat lubang baru....?
Gak perlu...lubang baru pada tromol bisa bikin kekuatan tromol berkurang.  Tromol gampang pecah...
Jadi bagus nya gimana.... ?
Ya bagus nya....pake tromol 28H di velg 28H juga begitu pun tromol yg 36H..mesti di pasang di velg 36H juga....
Jadi gak usah ribet...juga jangan pelit...velg dan tromol variasi klx lubang 28h dan 36h udah banyak model dgn harga murah ..


Tentang aki klx150/D tracker

Aki klx bukan aki kering. . tapi aki MF.. ...Maintenance Free..alias bebas perawatan.....
Kapasitas nya 12V 6A...Dalem nya tetep pake cairan....dan tetep bisa di cas ulang/ ReCharging apabila kehabisan arus akibat di pake buat starter yg berulang ulang tanpa henti....
Kerusakan nya biasanya karena umur di tandai dgn rusak nya sel dalem nya....atau karena kehabisan cairan elektrolit nya....
Kering nya cairan biasanya di akibatkan karena suplay arus yg berlebih...penyebab nya biasanya karena kiprok yang dah rusak...atau pake kiprok yang abal-abal....

Harga original aki klx merek yuasa lumayan tinggi...sekitar 400rban....
Tapi bisa juga pake aki dari motor lain...yg daya nya sama atau mirip....
Di kalangan pengguna klx...biasa pada pake aki merek GS astra buat satria FU..harganya sekitar 250rban...bentuk nya rada kecil...tapi kapasitas nya sama.....
Atau bisa pake aki supra...kapasitas nya lebih kecil 1 A...dan bentuk nya sedikit lebih besar...tapi bisa tetep di pake ..merek GS astra sekitar 180rban...

Kalo saya...pake yg murah aja.. merek toyo sekitar 140rban yg biasa di pake buat supra...


Model dan type unitrack klx150/Dtraker

Uni track KLX dan D tracker..

Beda type...beda tahun...beda juga uni track nya...

Yg pertama bahan besi.klx S .keluaran thn 2009 dan 2010 ...sekarang harga kosong nya sekitar 450rban

Sedangkan yang kedua bahan alumunium..label PFD...klx s dan klx L keluaran 2011 keatas...sekarang harga kosong nya sekitar 350rban...

Yang ketiga polos bahan alumunium part pengganti bila beli di bengkel resmi harganya sekarang sekitar 150rban...

Yang ke empat label wika bahan alumunium...standar klx G... BF..dan New DT....harga kosong nya sama dgn yg polos....sekitar 150rban...
Nah. ..yg type ini yang sering patah.....label WIKA.....

Untuk Unitrack D tracker sama dgn klx...sesuai dgn tahun pembuatan klx....

Harga kosongan maksud nya hanya uni track....tanpa bushing....colar...bearing dan seal....

Nah....kata pedagang....harga gak bakal bohong....


Menetukan venturi ideal klx 150/D tracker

Kalo bisa minum pake gelas.... kenapa harus minum pake ember....
Jadi kita mesti menghitung diameter ideal Venturi Karburator klx150.....

Rumus.
Diameter venturi = K x (√ volume cylinder x √ Rpm Max )

K = konstanta atau ketetapan...nilai nya 0,6 sampai 0,9....buat motor standar biasanya 0,65...kalo buat balap boleh lebih....
Rpm max mesin standar biasanya sekitar 8500rpm
√= akar

Jadi mesin standar klx yg 144cc ( 0,144L ) venturi ideal nya
Diameter venturi = 0,65 x (√0,144 x √8.500)
                              = 0,65 x 34,98
                              = 22,74
Di bulatkan jadi 23mm(karbu 22mm yg di reamer 1mm)....atau tetap pake 22mm...bisa juga pake 24mm

Kalo pake cdi racing yg bisa berputar hingga 10rb rpm....
Diameter venturi = 0,65 x (√0,144 x √10.000)
                              = 0,65 x 37,94
                              = 24,66
Di bulatkan jadi 25mm(karbu 24 di reamer 1mm) atau bisa tetap  pake 24mm bisa juga 26mm

Contoh umum mesin klx yg dah bore up 63mm jadi sekitar 169cc...karbu ideal nya...
Diameter venturi = 0,65 x (√0,169 x √8.500)
                              = 0,65 x 37.90
                              = 24,63
Di bulatkan 25mm.(karbu 24 yg di reamer 1mm) atau bisa tetap pake karbu 24...bisa juga 26
Kalo pake cdi racing bisa bikin mesin berputar sampe 10.000rpm.
Diameter venturi = 0,65 x (√0,169 x √10.000)
                              = 0,65 x 41,1
                              = 26,72
Di bulatkan jadi 27mm (karbu 26 yg di reamer 1mm) boleh tetap pake 26..boleh juga pake 28mm
Untuk kapasitas yg lain silahkan hitung sendiri...dan untuk mesin balap resmi biasanya hasil nya bakal beda lagi karena konstanta nya sudah tidak pake 0,65...di sesuaikan dgn regulasi...maka jangan heran kalo ada mesin balap yang pake karbu venturi diatas 30mm

Dan Ini hanya perhitungam dasar....buat patokan...boleh lebih dikit...boleh kurang dikit....
Gak usah terlalu di ributkan....

Begitulah kura-kura..


Mengatasi bunyi USD klx150BF/D tracker ketika di rem mendadak/lewat jalan gak rata

Mengatasi USD klx BF / new DT yang bunyi bletak-bletok ketika nge rem mendadak atau melewati jalan gak rata

Bunyi bletak -bletok pada shock depan klx BF atau D tracker ketika di rem mendadak, lompat, atau ketika melewati jalan berbatu dan tidak rata adalah karena bergesernya as penekan per shock sbelah kiri hingga menghantam dinding as shock...


Solusi untuk mengatasi bunyi tersebut adalah dengan memodifikasi as penekan per nya agar tidak bergeser ketika shock bergerak naik turun.
Ujung bawah penekan per nya di sembung menggunakan bosh as roda bebek.


Lebih bagus lagi kalo as penekan nya di bikin ulang...biar rapih dan presisi...

Yang di modif hanya as penekan per shock sebelah kiri....per ,kapasitas oli dan bagian lain nya tetap pake bawaan...tidak ada yg di rubah ...tidak juga ada yg di pindah....

Shock sebelah kanan tidak di utak-atik...
Buat yang udah mengurangi atau menambah kapasitas oli nya....boleh di takar ulang...buat yg udah pasang peninggi 5cm bisa isi 400ml...sama dgn isi tabung kanan....
Buat std harian atau adveture bisa isi 380ml per shock....

Ada pun tutorial nya sebagai berikut.



Terima kasih...