Total Tayangan Halaman

Minggu, 11 Februari 2018

Mikuni VM26 di klx150 dan D tracker

Mikuni VM26


Karbu standar yamaha RX king...
Sesuai perhitungan....cocok di pake buat klx mesin standar dan bore up di bawah 63mm...gak terlalu besar ..mencegah bensin terbuang percuma.....
Karbu ini cocok buat yg suka stop n go....responsif putaran bawah nya....

Mudah seting...harganya pun terjangkau....versi original nya sekitar 800rban ori yamaha....versi copy atau KW nya...yang bagus sekitar 250rb 350rban....jangan yg di bawah 200rban...bahan nya kasar dan lubang nya kurang presisi....
Untuk harga ori bekas nya sekitar 300 sampe 450rban tergantung kondisi....

Untuk ukuran pilot jet bawaan karbh nya 25 buat old king...dan 22,5 buat new king...main jet nya 145 buat old king dan 145 buat new king.....

Tapi untuk bisa di gunakan di klx ....mesti di sesuaikan pilot atau main jet nya ..di beberapa kondisi...mesti di sesuaikan juga jarum skep nya....jadi biar optimal...jangan asal tancep....

Nah...buat mesin standar yg ganti knalpot dgn pipa header di bawah 28mm atau knalpot standar yg di bobok...biasa pake pilot jet ukuran 17,5 dan main jet 130 atau 135.

Buat yg udah bore up di bawah 63mm header knalpot 28 mm atau di bawah itu.....boleh pake pj 17,5 atau naik 20 sesuai dgn kondisi...sedangkan main jet nya 135 atau 140..

Kusus buat harian yg merasa putaran tengah nya rada brebet seperti kelebihan bensin...boleh mengganti jarum skep nya pake yang rada gemuk...biasa pake jarum skep yamaha f1z...atau bisa pake jarum skep gl pro..yg di potong ujung nya..dan panjang nya di sesuaikan.....



Kelemahan karbu ini kadang suka ada efek nyangkut ketika basah ...hujan atau cuaca dingin.....penyebab nya adalah karena bahan...masih menggunakan premium atau pertalite yg terkenal masih banyak campuran metanol nya....sehingga membeku ketika dingin...menggangu kinerja lubang karbu.....
Solusi nya gimana..?....
ya gampang....pake pertamax atau pertamax turbo....ingat...hobby kita mahal....malu lah....pake bahan bakar subsidi....knalpot jutaan aja mampu beli....



Minggu, 07 Januari 2018

Arm klx140G di klx150 dan D tracker

Walau arm klx 140G dan arm klx BF itu beda panjang.....tapi jarak lubang As arm dan As Roda nya sama....
Itu hanya karena perbedaan bentuk stelan as roda nya saja....jadi di pake nya ya sama...

Ada yg bilang enak pake arm klx 140 karena pendek....jadi lebih lincah....padahal kan sama ..panjang kebelakang setelah stelan rante gak di hitung....mau sepanjang jalan kenangan pun gak pengaruh....yg pengaruh tuh jarak antara as arm dgn as roda...
semakin kebelakang(panjang)...semakin enak buat nanjak...gak gampang sliding  dan lebih stabil...
Tapi semakin kedepan( pendek) ..semakin lincah..sedikit liar.... tapi enak buat GTX dan enduro...

Catatan.
Arm klx s itu sama panjang dgn arm old DT...beda warna dan dt lama gak ada chain guard nya....
Arm klx L...klx G..klx BF dan New DT itu sama panjang....beda warna aja dgn New dt dgn warna hitam...kalo klx rata-rata silver....



KSAI(Kawasaki Secondary Air Injecktion

Di motor Yamaha nama nya AIS (Air Induction System)
Di motor Honda nama nya SASS ( Secondary Air Supplay System )
Di motor Suzuki nama nya PAIR (Pulse Air Intake Reed )
Kalo di kawasaki namanya KSAI (Kawasaki Secondary Air Injection )

Keempat nya mempunyai fungsi yang sama...yaity meng ijeksikan udara/oksigen segar yang berasal dari box filter ke saluran pembuangan ..berguna untuk memecah karbon sisa hasil pembakaran agar lebih rendah emisi...ingat yah...rendah emisi...bukan menghilangkan polusi...karena biar bagaimana pun..emisi sisa gas buang tetep ada...walau sedikit.....

Nah..kusus di klx 150...pompa KSAI nya ada di bawah tangki...sebelah cdi...yang bekerja berdasarkan kevacuman intake....selang nya ada 3....Yang 1 selang kecil...terhubung dari pompa ksai ke intake karbu...yg 2 besar....1 masuk ke Box filter...1 lagi langsung ke pipa yang ada di cylinder head...ini kusus buat klx type S dan old DT...
Sedangkan klx type L ..G...BF dan new DT...selang nya langsung masuk ke pipa knalpot......

Lalu..kalo kita ganti knalpot racing gimana...kan rata-rata gak ada saluran buat KSAI nya....?
Gampang nya gak usah di pasang lagi selang nya....lepas aja...gak usah di fungsi kan....
Kusus buat klx S dan Old DT.  Selang tersebut mesti di sumbat....agar saluran pembuangan tidak ada kebocoran.....karena...di klx S atau old DT...jika saluran buang ada kebocoran...knalpot bakal nembak-nembak.....
Tapi untuk klx type L..G...BF dan new DT gak perlu di sumbat....cukup di lepas aja....mau di sumbat pun gak masalah...karena udah gak ngaruh....

Atau kalo mau unit Pompa KSAI nya di lepas....bisa aja....tapi mesti sumbat lubang yang ada di manifol...agar bahan bakar gak bocor...


Seputar Jari-jari klx150/d tracker

Seputar jari-jari dan Velg KLX /D tracker....

Untuk ukuran dan bentuk jari jari klx itu beda dengan motor umum...
Jadi kalo beli jari jari....cukup sebutin aja buat velg ring berapa..16-19....17-17....atau 18-21....gak usah sebutin ukuran jari jari nya...biar gak di kasih jari jari motor bebek sama penjual yg awam...

Tapi banyak yg merasa ukuran jari jari nya ada yg terlalu panjang....padahal dah pake jari jari original....
Nah...sebenarnya...panjang jari -jari ori atau variasi sama aja...paling beda dikit doang. Sekitar 2 atau 3 drat tiap ukuran...Jika pake velg dan jari jari original kawasaki gak akan terjadi masalah jari-jari kepanjangan...atau kependekan...
Kasus Jari-jari yang kepanjangan ketika di pasang...itu  terjadi buat yang pake jari jari original buat velg variasi....atau velg original pake jari jari variasi....

Lalu..kenapa ketika di pasang ada yg lebih menonjol keluar alias kepanjangan....?
Nah ittu di sebabkan karena bentuk shape tiap merek velg beda tinggi nya...ada yg lebar.  Melengkung.  Atau cekung.  Juga beda bentuk lubang nepel jari-jari nya....

Kalo terlanjur pasang gimana....?
Ya gampang...tinggal di gerinda aja dikit....

Gak takut kena ban dalem tuh ...kan tajem bekas gerinda nya....?
Oneng ah....kan velg ada selendang karet nya....knp takut....lagian...kalo nge gerinda nya rapih juga gak masalah....

Lalu...apa yg di maksud dengan hole 28/ 28H atau hole 36/ 36H...?
Ah..itu cuma jumlah lubang yg ada di velg atau tromol nya aja ...bukan ukuran lubang.....
Jadi kalo velg/tromol 28H berarti jumlah lubang jari-jari pada tromol atau velg jumlah nya 28 ..jari-jari nya juga 28 batang....begitu pun yang 36....

Kusus klx S atau G  yg pake ukuran roda 16-19 menggunakan velg dan tromol 28 lubang/ 28H..old dt pun yg pake roda 14-14 juga menggunakan velg dan tromol 28H..
Sedangkan klx L atau klx BF yg menggunakan roda 18-21 menggunakan velg dan tromol 36 lubang /36H..termasuk New DT yg pake roda 17-17  menggunakan velg dan tromol 36 lubang /36H...

Bisa kah velg 28H di pasang dgn tromol 36 H...?
Ya bisa aja...sebalik nya velg 36H juga bisa di pasang di tromol 28H...paling nanti ada lubang yg kosong....pada velg atau tromol....
Apa perlu di bor buat lubang baru....?
Gak perlu...lubang baru pada tromol bisa bikin kekuatan tromol berkurang.  Tromol gampang pecah...
Jadi bagus nya gimana.... ?
Ya bagus nya....pake tromol 28H di velg 28H juga begitu pun tromol yg 36H..mesti di pasang di velg 36H juga....
Jadi gak usah ribet...juga jangan pelit...velg dan tromol variasi klx lubang 28h dan 36h udah banyak model dgn harga murah ..


Tentang aki klx150/D tracker

Aki klx bukan aki kering. . tapi aki MF.. ...Maintenance Free..alias bebas perawatan.....
Kapasitas nya 12V 6A...Dalem nya tetep pake cairan....dan tetep bisa di cas ulang/ ReCharging apabila kehabisan arus akibat di pake buat starter yg berulang ulang tanpa henti....
Kerusakan nya biasanya karena umur di tandai dgn rusak nya sel dalem nya....atau karena kehabisan cairan elektrolit nya....
Kering nya cairan biasanya di akibatkan karena suplay arus yg berlebih...penyebab nya biasanya karena kiprok yang dah rusak...atau pake kiprok yang abal-abal....

Harga original aki klx merek yuasa lumayan tinggi...sekitar 400rban....
Tapi bisa juga pake aki dari motor lain...yg daya nya sama atau mirip....
Di kalangan pengguna klx...biasa pada pake aki merek GS astra buat satria FU..harganya sekitar 250rban...bentuk nya rada kecil...tapi kapasitas nya sama.....
Atau bisa pake aki supra...kapasitas nya lebih kecil 1 A...dan bentuk nya sedikit lebih besar...tapi bisa tetep di pake ..merek GS astra sekitar 180rban...

Kalo saya...pake yg murah aja.. merek toyo sekitar 140rban yg biasa di pake buat supra...


Model dan type unitrack klx150/Dtraker

Uni track KLX dan D tracker..

Beda type...beda tahun...beda juga uni track nya...

Yg pertama bahan besi.klx S .keluaran thn 2009 dan 2010 ...sekarang harga kosong nya sekitar 450rban

Sedangkan yang kedua bahan alumunium..label PFD...klx s dan klx L keluaran 2011 keatas...sekarang harga kosong nya sekitar 350rban...

Yang ketiga polos bahan alumunium part pengganti bila beli di bengkel resmi harganya sekarang sekitar 150rban...

Yang ke empat label wika bahan alumunium...standar klx G... BF..dan New DT....harga kosong nya sama dgn yg polos....sekitar 150rban...
Nah. ..yg type ini yang sering patah.....label WIKA.....

Untuk Unitrack D tracker sama dgn klx...sesuai dgn tahun pembuatan klx....

Harga kosongan maksud nya hanya uni track....tanpa bushing....colar...bearing dan seal....

Nah....kata pedagang....harga gak bakal bohong....


Menetukan venturi ideal klx 150/D tracker

Kalo bisa minum pake gelas.... kenapa harus minum pake ember....
Jadi kita mesti menghitung diameter ideal Venturi Karburator klx150.....

Rumus.
Diameter venturi = K x (√ volume cylinder x √ Rpm Max )

K = konstanta atau ketetapan...nilai nya 0,6 sampai 0,9....buat motor standar biasanya 0,65...kalo buat balap boleh lebih....
Rpm max mesin standar biasanya sekitar 8500rpm
√= akar

Jadi mesin standar klx yg 144cc ( 0,144L ) venturi ideal nya
Diameter venturi = 0,65 x (√0,144 x √8.500)
                              = 0,65 x 34,98
                              = 22,74
Di bulatkan jadi 23mm(karbu 22mm yg di reamer 1mm)....atau tetap pake 22mm...bisa juga pake 24mm

Kalo pake cdi racing yg bisa berputar hingga 10rb rpm....
Diameter venturi = 0,65 x (√0,144 x √10.000)
                              = 0,65 x 37,94
                              = 24,66
Di bulatkan jadi 25mm(karbu 24 di reamer 1mm) atau bisa tetap  pake 24mm bisa juga 26mm

Contoh umum mesin klx yg dah bore up 63mm jadi sekitar 169cc...karbu ideal nya...
Diameter venturi = 0,65 x (√0,169 x √8.500)
                              = 0,65 x 37.90
                              = 24,63
Di bulatkan 25mm.(karbu 24 yg di reamer 1mm) atau bisa tetap pake karbu 24...bisa juga 26
Kalo pake cdi racing bisa bikin mesin berputar sampe 10.000rpm.
Diameter venturi = 0,65 x (√0,169 x √10.000)
                              = 0,65 x 41,1
                              = 26,72
Di bulatkan jadi 27mm (karbu 26 yg di reamer 1mm) boleh tetap pake 26..boleh juga pake 28mm
Untuk kapasitas yg lain silahkan hitung sendiri...dan untuk mesin balap resmi biasanya hasil nya bakal beda lagi karena konstanta nya sudah tidak pake 0,65...di sesuaikan dgn regulasi...maka jangan heran kalo ada mesin balap yang pake karbu venturi diatas 30mm

Dan Ini hanya perhitungam dasar....buat patokan...boleh lebih dikit...boleh kurang dikit....
Gak usah terlalu di ributkan....

Begitulah kura-kura..


Mengatasi bunyi USD klx150BF/D tracker ketika di rem mendadak/lewat jalan gak rata

Mengatasi USD klx BF / new DT yang bunyi bletak-bletok ketika nge rem mendadak atau melewati jalan gak rata

Bunyi bletak -bletok pada shock depan klx BF atau D tracker ketika di rem mendadak, lompat, atau ketika melewati jalan berbatu dan tidak rata adalah karena bergesernya as penekan per shock sbelah kiri hingga menghantam dinding as shock...


Solusi untuk mengatasi bunyi tersebut adalah dengan memodifikasi as penekan per nya agar tidak bergeser ketika shock bergerak naik turun.
Ujung bawah penekan per nya di sembung menggunakan bosh as roda bebek.


Lebih bagus lagi kalo as penekan nya di bikin ulang...biar rapih dan presisi...

Yang di modif hanya as penekan per shock sebelah kiri....per ,kapasitas oli dan bagian lain nya tetap pake bawaan...tidak ada yg di rubah ...tidak juga ada yg di pindah....

Shock sebelah kanan tidak di utak-atik...
Buat yang udah mengurangi atau menambah kapasitas oli nya....boleh di takar ulang...buat yg udah pasang peninggi 5cm bisa isi 400ml...sama dgn isi tabung kanan....
Buat std harian atau adveture bisa isi 380ml per shock....

Ada pun tutorial nya sebagai berikut.



Terima kasih...

Rabu, 01 November 2017

Kusus KLX 150 yg ingin pindah habitat jadi Supermoto.Semua type klx mulai dari klx S...L...G ..dan BF.

Kombinasi ukuran roda dan velg yg sering di gunakan antara lain :

Kombinasi ringan
Kombinasi 1.
Velg ukuran 250-17 depan dan 300-17 belakang
Ban ukuran 100/70-17 depan dan 120/70-17 belakang.
Kombinasi 2.
Velg ukuran 300-17 depan dan 350-17 belakang
Ban tetap pake ukuran 100/70-17 dan 120/70-17

Kombinasi berat.
Kombinasi 1.
Velg ukuran 250-17 depan dan 300-17 belakang
Ban ukuran 110/70-17 depan dan 130/70 -17 belakang
Kombinasi 2.
Velg ukuran 300-17 depan dan 350-17 belakang
Ban ukuran 110/70-17 depan dan 130/70-17 belakang

Lalu dari ke empat kombinasi tersebut yg ideal ukuran berapa ?
Kombinasi ringan ke 2 yg menggunakan ukuran
Velg 300-17 depan dan 350-17 belakang
Ban  100/70-17 depan dan 120/70-17 belakang.
Lebar Roda akan terlihat seperti mengunakan ukuran ban kombinasi lebar 110 dan 130...karena lebar ban akan mengikuti velg....
Kelebihan ukuran kombinasi ringan ke 2 dia akan tetap aman dari gesekan dgn rante...berbanding terbalik dgn kombinasi berat ke 2 yg terlihat lebar namun riskan gesek rante di beberapa type dan merek ban.

Lalu jika ingin menggunakan ukuran roda yg lebih lebar dari 110 dan130 gimana...misal dgn kombinasi ban 120 dan 140 atau lebih...apakah gesek arm.  ?
Untuk roda depan..maksimal 110 lebih aman...walau handling terasa berat....namun untuk belakang yg jadi masalah bukan nya arm...tapi jarak rante dgn ban...
Untuk arm klx sih masih muat sampe ukuran 150...
Jadi solusi nya gimana ?
Jika menggunakan ukuran roda dgn lebar 140 keatas...biasa geser stelan jari jari nya aja rada kekanan sekitar 10mm..
Tar gak center dong antara roda depan dan belakang ?
Ya....tapi gak terlalu terasa jika menggunakan ban lebar....aman gak bikin sakit pinggang...
Kalo pake spacer gimana...?
Pake spacer hanya akan membuat posisi gear depan dan belakang gak sejajar...gear dan rante bakal cepet habis...rante rawan putus dan lepas...
Ada kah solusi lain...?
Ada...
Jika gear belakang sudah menggunakan spacer..buat gear depan bisa dgn mengganti as gear depan yg lebih panjang...di pasaran sudah ada produk TK racing... as gear klx yg lebih panjang dan konon lebih kuat...kisaran harga sekitar 375rb...kalo ori klx kan standar sekitar 180rban....
Ah ribet....mendingan pake gear gendong...!
Dari pengalaman sih..gear gendong bikin as gear  mudah patah.....kalo gak percaya...ya coba aja.....



Service manual kawasaki klx 140

Service manual klx 140 dan 140L . Juga bisa di pakai untuk klx140G. perbedaan ketiga type tadi hanya di bagian roda dan arm dan shock depan.juga di rasio sproket. Secara mesin dan sasis juga cover body relatif sama.
Dan bisa menjadi bahan rujukan untuk semua type klx150


Download lin

Minggu, 29 Oktober 2017

Head lamp klx150

Masalah yang sering di hadapi pemilik klx adalah...redup nya cahaya lampu depan....
Ini terjadi pada klx yg sudah berumur diatas 1 tahun..
Ada sebagian pemilik yg mengganti bolham dgn daya yg lebih besar dari standar nya....misal dgn yg 55w...padahal...mengganti daya lampu yg lebih besar dari standar malah membuat lampu tambah redup...karena daya lampu klx hanya 35W... jadi seharus nya..kalo mau lebih terang...bisa mengganti dgn daya yg lebih kecil...misal jadi 25W....resiko nya...panas berlebih di reflektor...dan bolham cepet putus..
Atau ada juga yg mengganti nya dgn bolham model LED..namun masih tetap tidak juga membuat lampu utama terang....atau ada juga yg menggunakan lampu HID yg boros aki..sehingga harus merubah system kelistrikan klx agar daya nya konstan....
Ada juga yg beranggapan kalau lampu redup tuh karena bolham nya sudah kadaluarsa...atau spul dan kiprok nya mau mati....anggapan ini tidak sepenuh nya benar...
Karena..walau sudah ganti kiprok atau spul..tetep aja lampu nya redup.....
Jadi solusi nya gimana.....
Gampang...ganti aja reflektor nya...
Sebenar nya...masalah lampu yg kurang terang tuh akibat reflektor lampu depan yg sudah oksidasi..terlalu banyak debu dan sisa uap air yg melekat pada reflektor....akibat nya...daya pantul cahaya kurang maksimal....
Mesti nya dilakukan pembersihan rutin setiap 2 bulan ..cuci dgn shampo rambut tanpa di lap tanpa di seka...cukup masukan air dan shampo lalu di kocok-kocok.....agar reflektor nya tidak baret.....tiriskan...di keringkan tanpa di jemur....boleh di tiup dgn blower....
Dah...gitu aja...biar gak buang duit buat modif lampu atau ganti spul dan kiprok...

Ganti cover body KLX lama dgn KLX baru

Apa bisa klx dan d tracker model lama pake body cover body klx dan D tracker model baru....?
......bisa....begitu pun sebalik nya kalo ada klx dan dtracker model baru yg mau pake cover body klx model lama....
Apa aja beda nya.. ?
Beda di jok sama lubang baut cover belakang aja...plus braket dudukan baut cover depan yg bawah....kalo tangki sih sama aja....



Beda gak sih cover body klx baru dgn D tracker baru...?
...beda..
Beda bentuk cover nya aja...terutama di tangki.....D tracker lebih lebar dan cover tangki bawah nya lebih naik...kalo klx baru lebih ramping cover tangki nya...bagian bawah nya juga lbh turun...
Kalo klx lama pake body  d tracker  baru gimana...bisa aja...sama seperti pake body klx baru...tapi kalo body klx baru di pake di klx lama...tinggal tekuk aja dikit braket lubang baut yg di bawah tangki....sedangkan kalo klx lama pake body d tracker baru mesti bikin dudukan nya lagi pake pelat....atau beli braket cover bawah yg di tangki kusus d tracker......
Kalo spakbor gimana....spakbor sama aja depan belakang...cuma yg belakang baut mesti pake besi tambahan mmbiar kuat...atau biasa nya ganti pake spakbor varisai yg lebih panjang buat klx....kalo buat d tracker biasa nya pake yg lebih pendek spakbor depan nya....biar lebih kotoran nyiprat ketika hujan...