Total Tayangan Halaman

Rabu, 01 November 2017

Kusus KLX 150 yg ingin pindah habitat jadi Supermoto.Semua type klx mulai dari klx S...L...G ..dan BF.

Kombinasi ukuran roda dan velg yg sering di gunakan antara lain :

Kombinasi ringan
Kombinasi 1.
Velg ukuran 250-17 depan dan 300-17 belakang
Ban ukuran 100/70-17 depan dan 120/70-17 belakang.
Kombinasi 2.
Velg ukuran 300-17 depan dan 350-17 belakang
Ban tetap pake ukuran 100/70-17 dan 120/70-17

Kombinasi berat.
Kombinasi 1.
Velg ukuran 250-17 depan dan 300-17 belakang
Ban ukuran 110/70-17 depan dan 130/70 -17 belakang
Kombinasi 2.
Velg ukuran 300-17 depan dan 350-17 belakang
Ban ukuran 110/70-17 depan dan 130/70-17 belakang

Lalu dari ke empat kombinasi tersebut yg ideal ukuran berapa ?
Kombinasi ringan ke 2 yg menggunakan ukuran
Velg 300-17 depan dan 350-17 belakang
Ban  100/70-17 depan dan 120/70-17 belakang.
Lebar Roda akan terlihat seperti mengunakan ukuran ban kombinasi lebar 110 dan 130...karena lebar ban akan mengikuti velg....
Kelebihan ukuran kombinasi ringan ke 2 dia akan tetap aman dari gesekan dgn rante...berbanding terbalik dgn kombinasi berat ke 2 yg terlihat lebar namun riskan gesek rante di beberapa type dan merek ban.

Lalu jika ingin menggunakan ukuran roda yg lebih lebar dari 110 dan130 gimana...misal dgn kombinasi ban 120 dan 140 atau lebih...apakah gesek arm.  ?
Untuk roda depan..maksimal 110 lebih aman...walau handling terasa berat....namun untuk belakang yg jadi masalah bukan nya arm...tapi jarak rante dgn ban...
Untuk arm klx sih masih muat sampe ukuran 150...
Jadi solusi nya gimana ?
Jika menggunakan ukuran roda dgn lebar 140 keatas...biasa geser stelan jari jari nya aja rada kekanan sekitar 10mm..
Tar gak center dong antara roda depan dan belakang ?
Ya....tapi gak terlalu terasa jika menggunakan ban lebar....aman gak bikin sakit pinggang...
Kalo pake spacer gimana...?
Pake spacer hanya akan membuat posisi gear depan dan belakang gak sejajar...gear dan rante bakal cepet habis...rante rawan putus dan lepas...
Ada kah solusi lain...?
Ada...
Jika gear belakang sudah menggunakan spacer..buat gear depan bisa dgn mengganti as gear depan yg lebih panjang...di pasaran sudah ada produk TK racing... as gear klx yg lebih panjang dan konon lebih kuat...kisaran harga sekitar 375rb...kalo ori klx kan standar sekitar 180rban....
Ah ribet....mendingan pake gear gendong...!
Dari pengalaman sih..gear gendong bikin as gear  mudah patah.....kalo gak percaya...ya coba aja.....



Service manual kawasaki klx 140

Service manual klx 140 dan 140L . Juga bisa di pakai untuk klx140G. perbedaan ketiga type tadi hanya di bagian roda dan arm dan shock depan.juga di rasio sproket. Secara mesin dan sasis juga cover body relatif sama.
Dan bisa menjadi bahan rujukan untuk semua type klx150


Download lin

Minggu, 29 Oktober 2017

Head lamp klx150

Masalah yang sering di hadapi pemilik klx adalah...redup nya cahaya lampu depan....
Ini terjadi pada klx yg sudah berumur diatas 1 tahun..
Ada sebagian pemilik yg mengganti bolham dgn daya yg lebih besar dari standar nya....misal dgn yg 55w...padahal...mengganti daya lampu yg lebih besar dari standar malah membuat lampu tambah redup...karena daya lampu klx hanya 35W... jadi seharus nya..kalo mau lebih terang...bisa mengganti dgn daya yg lebih kecil...misal jadi 25W....resiko nya...panas berlebih di reflektor...dan bolham cepet putus..
Atau ada juga yg mengganti nya dgn bolham model LED..namun masih tetap tidak juga membuat lampu utama terang....atau ada juga yg menggunakan lampu HID yg boros aki..sehingga harus merubah system kelistrikan klx agar daya nya konstan....
Ada juga yg beranggapan kalau lampu redup tuh karena bolham nya sudah kadaluarsa...atau spul dan kiprok nya mau mati....anggapan ini tidak sepenuh nya benar...
Karena..walau sudah ganti kiprok atau spul..tetep aja lampu nya redup.....
Jadi solusi nya gimana.....
Gampang...ganti aja reflektor nya...
Sebenar nya...masalah lampu yg kurang terang tuh akibat reflektor lampu depan yg sudah oksidasi..terlalu banyak debu dan sisa uap air yg melekat pada reflektor....akibat nya...daya pantul cahaya kurang maksimal....
Mesti nya dilakukan pembersihan rutin setiap 2 bulan ..cuci dgn shampo rambut tanpa di lap tanpa di seka...cukup masukan air dan shampo lalu di kocok-kocok.....agar reflektor nya tidak baret.....tiriskan...di keringkan tanpa di jemur....boleh di tiup dgn blower....
Dah...gitu aja...biar gak buang duit buat modif lampu atau ganti spul dan kiprok...

Ganti cover body KLX lama dgn KLX baru

Apa bisa klx dan d tracker model lama pake body cover body klx dan D tracker model baru....?
......bisa....begitu pun sebalik nya kalo ada klx dan dtracker model baru yg mau pake cover body klx model lama....
Apa aja beda nya.. ?
Beda di jok sama lubang baut cover belakang aja...plus braket dudukan baut cover depan yg bawah....kalo tangki sih sama aja....



Beda gak sih cover body klx baru dgn D tracker baru...?
...beda..
Beda bentuk cover nya aja...terutama di tangki.....D tracker lebih lebar dan cover tangki bawah nya lebih naik...kalo klx baru lebih ramping cover tangki nya...bagian bawah nya juga lbh turun...
Kalo klx lama pake body  d tracker  baru gimana...bisa aja...sama seperti pake body klx baru...tapi kalo body klx baru di pake di klx lama...tinggal tekuk aja dikit braket lubang baut yg di bawah tangki....sedangkan kalo klx lama pake body d tracker baru mesti bikin dudukan nya lagi pake pelat....atau beli braket cover bawah yg di tangki kusus d tracker......
Kalo spakbor gimana....spakbor sama aja depan belakang...cuma yg belakang baut mesti pake besi tambahan mmbiar kuat...atau biasa nya ganti pake spakbor varisai yg lebih panjang buat klx....kalo buat d tracker biasa nya pake yg lebih pendek spakbor depan nya....biar lebih kotoran nyiprat ketika hujan...


Senin, 13 Februari 2017

Tutorial bongkar pasang komstir klx/ d tracker 150

Jika klx atau d tracker 150 sudah terasa berat handling nya...terasa ngebuang kekiri atau kanan, terasa limbung, dan gak stabil . Bisa di pastikan area komstir bermasalah, biasa nya grease atau gemuk nya mengeras ini biasanya terjadi di klx yg berumur dibawah 1 thn . Jika di tas 1 tahun, biasanya bearing komstirnya sudah berkarat atau rompal 

Jika bearing nya terlanjur berkarat atau rompal baik nya di ganti. Kode nya HK32005 merek apa aja, bebas yang penting mudah di dapat.
Jadwal melumasi ulang biasanya 2 bulan setelah motor turun dari dealer, karena grease bawaan pabrik nya mudah mengeras, dan lakukan rutin setiap 4 bulan jika tiap minggu di pakai adventure. Tiap 6 bulan jika  pakai harian dan hanya sebulan sekali di pake adventure.
Lumasi ulang setiap 8 bulan jika hanya di pakai harian saja...
Grease atau gemuk atau pelumas yg tidak mudah kering dan mengeras biasanya grease yang biasa di pakai alat berat, merek bebas aja.